Senin, 09 Januari 2017

Pengertian IPS (Intrusion Prevention System) dalam Keamanan Jaringan


Intrusion Prevention System (IPS) adalah sebuah aplikasi yang bekerja untuk monitoring traffic jaringan, mendeteksi aktivitas yang mencurigakan, dan melakukan pencegahan dini terhadap intrusi atau kejadian yang dapat membuat jaringan menjadi berjalan tidak seperti sebagaimana mestinya. Bisa jadi karena adanya serangan dari luar, dan sebagainya.

IPS sebenarnya merupakan penggabungan antara IDS dan ip table. Sehingga system ini dapat mendeteksi jika ada penyusup (intruder) melakukan serangan ke jaringan lokal kita dan juga mencatat semua paket data yang masuk. Oleh karena itu IPS dapat memblock semua serangan yang dilakukan oleh intruder dan juga mencatat semua log yang teridentifikasi. Berbeda dengan IDS yang hanya bisa mencatat atau memberi notifikasi bila ada serangan masuk. 
IPS juga bisa menggunakan signature untuk mendeteksi traffic dalam jaringan, sehingga pencegahan serangan dapat dilakukan sedini mungkin.

Secara umum, ada dua jenis IPS, yaitu:
1.  Host-based Intrusion Prevention System (HIPS)
HIPS merupakan sebuah system pecegahan yang terdiri dari banyak layer, menggunakan packet filtering, inspeksi status dan metode pencegahan intrusi yang bersifat real-time untuk menjaga host berada di bawah keadaan dari efisiensi performansi yang layak. Mekanisme kerjanya yaitu dengan mencegah kode-kode berbahaya yang memasuki host agar tidak dieksekusi tanpa perlu untuk mengecek threat signature.

Program agent HIPS diinstall secara langsung di sistem yang diproteksi untuk dimonitor aktifitas sistem internalnya. HIPS di binding dengan kernel sistem operasi dan services sistem operasi. Sehingga HIPS bisa memantau dan menghadang system call yang dicurigai dalam rangka mencegah terjadinya intrusi terhadap host. HIPS juga bisa memantau aliran data dan aktivitas pada aplikasi tertentu. Sebagai contoh HIPS untuk mencegah intrusion pada webserver misalnya. Dari sisi security mungkin solusi 

2.  Network-based Intrusion Prevention System (NIPS)
Network Based IPS (NIPS) atau In-line proactive protection dapat menahan semua trafik jaringan dan menginspeksi kelakuan dan kode yang mencurigakan. Karena menggunakan in-line model, performansi tinggi merupakan sebuah elemen krusial dari perangkat IPS untuk mencegah terjadinya bottleneck pada jaringan. Oleh karena itu, NIPS biasanya didesain menggunakan tiga komponen untuk mengakselerasi performansi bandwidth. Network-based Intrusion Prevention System (NIPS) tidak melakukan pantauan secara khusus di satu host saja. Tetapi melakukan pantauan dan proteksi dalam satu jaringan secara global. NIPS menggabungkan fitur IPS dengan firewall dan kadang disebut sebagai In-Line IDS atau Gateway Intrusion Detection System (GIDS). 

Cara Kerja IPS
Cara kerja IPS hampir sama seperti kinerja  IDS. Pertama IDS (Intrusion Detection System) melindungi sistem  komputer  dengan  mendeteksi serangan dan menghentikannya. Awalnya, IDS melakukan pencegahan  intrusi.  Untuk  itu,  IDS mengidentifikasi  penyebab  intrusi  dengan  cara membandingkan antara event yang dicurigai sebagai intrusi dengan tanda yang  ada.  Saat  sebuah intrusi telah  terdeteksi, maka  IDS  akan  mengirim  sejenis peringatan ke administrator. Disini Firewall akan menblock serangan yang diduga merupakan suatu Intrusion.

Alur kerja IPS

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Pengertian Ips (Intrusion Prevention System) Dalam Keamanan Jaringan ~ Luthfypermana >>>>> Download Now

>>>>> Download Full

Pengertian Ips (Intrusion Prevention System) Dalam Keamanan Jaringan ~ Luthfypermana >>>>> Download LINK

>>>>> Download Now

Pengertian Ips (Intrusion Prevention System) Dalam Keamanan Jaringan ~ Luthfypermana >>>>> Download Full

>>>>> Download LINK

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
>